Contoh Laporan Kunjungan Indutri Ke PT JAVAPLANT

Contoh Laporan Kunjungan Indutri Ke PT JAVAPLANT

LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
PT.JAVAPLANT




Image


Diajukan untuk memenuhi tugas sebagai bukti tertulis telah melakukan kunjungan industri Tahun 2018



Disusun Oleh :
Nama : Oktafiani
NIS : 7591
Kelas : XI Adm. Perkantoran

SMK KRISTEN PURWODADI
Tahun Pelajaran 2017/2018

PENGESAHAN

Karya ilmiah yang berjudul “Laporan Kerja” dari kegiatan kunjungan industri SMK KRISTEN PURWODADI telah disahkan dan disetujui pada :
Hari     :
Tanggal:

Disetujui Oleh :

Pembimbing I
Ketua Kaprodi    Pembimbing II
Wali Kelas




Apoloos Ryan    Tessalonika S.Pd

                               

MOTTO

Berangkat dengan penuh keyakinan, berjalan dengan penuh keikhlasan, istiqamah dalam menghadapi cobaan.
Jangan tunda sampai besok,jika bisa dikerjakan hari ini. Jika sedang benar,jangan terlalu benar. Dan jika sedang takut,jangan terlalu takut.


PERSEMBAHAN
Karya tulis ini dibuat guna untuk memenuhi tugas laporan kunjungan industri SMK KRISTEN PURWODADI Tahun ajaran 2017/2018. Dalam halaman ini penulis mempersembahkan karya tulis ini kepada :
1.    Kepala Sekolah SMK KRISTEN PURWODADI.
2.    Bapak/ibu guru SMK KRISTEN PURWODADI.
3.    Pihak-pihak yang telah membantu dan mendukung dalam penyusunan karya tulis ini.
4.    Para pembaca yang budiman.
                 
Daftar Isi
HALAMAN JUDUL.....................................................................................................i
PENGESAHAN............................................................................................................ii
MOTTO........................................................................................................................iii
PERSEMBAHAN........................................................................................................iv
DAFTAR ISI.................................................................................................................v
BAB I PENDAHULUAN …………………………………………………….…….. 1
A.    Latar Belakang ………………………………..…....…………………….. 1
B.    Tujuan Penulisan ………………………………………………….…....... 1
C.    Manfaat Penulisan …………………………………………….…….…… 2
BAB II ISI
A.    Sejarah PT.Javaplant………………………………………………...……3
B.    Visi & Misi………………………………………………………………3
C.    Profil PT.Javaplant……………………………………………………….3
D.    Sarana dan prasarana………………………………………………...…...4
BAB III KESIMPULAN    …………………………………………………………...5
 

BAB I PENDAHULUAN


A.Latar Belakang
Herbal adalah tanaman atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan. Dengan kata lain, semua jenis tanaman yang mengandung bahan atau zat aktif yang berguna untuk pengobatan bisa digolongkan sebagai herbal, Indonesia juga memiliki obat tradisinal yang secara turun temurun diwariskan oleh nenek moyang kita yaitu Jamu. Obat herbal dianggap dan diharapkan berperan dalam usaha-usaha pencegahan  dan pengobatan penyakit, serta peningkatan taraf kesehatan masyarakat disamping tujuan yang lain.
Obat herbal murni diambil dari saripati tumbuhan atau hewan yang mempunyai manfaat untuk pengobatan, tanpa ada campuran bahan kimia buatan (sintetis). Obat Herbal yang berasal dari tumbuhan (nabati) misalnya temulawak, jahe, daun sirsak, jahe merah, teh hijau, dan sebagainya di Javaplant lah macam-macam ekstrak tumbuhan diproduksi. Javaplant telah banyak terserap industri farmasi, jamu, makanan, minuman bahkan industri kosmetik baik di tanah air maupun internasional.
PT. Javaplant merupakan produsen terbesar untuk ekstrak bubuk di Indonesia. Mampu memproduksi 15 ton perbulan untuk ekstrak herbal, dan 100 ton/bulan untuk green tea dan black tea. Dengan kapasitas sebesar itu, “Bahkan PT. Javaplant bisa dibilang produsen ekstraksi terbesar di Asia Tenggara, dan khusus ekstrak kayu manis dan pasak bumi merupakan yang terbesar di dunia”. Sehingga sangat cocok untuk tempat kunjungan ilmiah. Kita bisa belajar dan menimba ilmu sekaligus refreshing.

B. TUJUAN
     Tujuan dari kegiatan kunjungan industri di B2P2TOOT (Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional) dan PT. Javaplant adalah:
1.        Siswa diharapkan mengetahui sejarah, profil, serta visi-misi B2P2TOOT.
2.        Siswa diharapkan mengetahui  struktur organisasi B2P2TOOT.
3.        Siswa diharapkan mengetahui proses, dan hasil produksi dari B2P2TOOT.
4.        Siswa diharapkan mengetahui sejarah, profil, serta visi misi dari PT. Javaplant.
5.        Siswa diharapkan mengetahui strusktur organisasi dari PT. Javaplant.
6.        Siswa diharapkan mengetahui proses, dan hasil produksi dari PT. Javaplant
      
C.MANFAAT
Manfaat dari kegiatan kunjungan industri di B2P2TOOT (Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional) dan PT. Javaplant antara lain :
1.        Mengetahui sejarah, profil, serta visi-misi B2P2TOOT.
2.        Mengetahui  struktur organisasi B2P2TOOT.
3.        Mengetahui proses, dan hasil produksi dari B2P2TOOT.
4.        Mengetahui sejarah, profil, serta visi misi dari PT. Javaplant.
5.        Mengetahui strusktur organisasi dari PT. Javaplant.
6.        Mengetahui proses, dan hasil produksi dari PT. Javaplant.

BAB II ISI

A.    Sejarah PT.Javaplant
Berawal dari keinginan untuk memenuhi pasar herbal di Tanah Air, keluarga Rahardjo yang dikenal sebagai pemegang merek jamu kuat Pilkita tergelitik untuk masuk ke pasar ekstrak herbal. Tentu ada alasan kuat mereka tertarik dengan produk ini.Jauh hari sebelumnya, BPOM pernah memberikan gagasan untuk memproduksi ekstrak herbal karena dinilai lebih terjamin dari segi mutu produk. Berangkat dari hal itu, Purwanto Rahardjo, Mulyo Rahardjo, dan Junius Rahardjo, memutuskan untuk mendirikan pabrik ekstrak herbal senilai Rp50 miliar  di Tawangmangu, Solo, bernama PT. Javaplant awal dari keinginan untuk memenuhi pasar herbal di Tanah Air, keluarga Rahardjo yang dikenal sebagai pemegang merek jamu kuat Pilkita tergelitik untuk masuk ke pasar ekstrak herbal. Tentu ada alasan kuat mereka tertarik dengan produk iniPerusahaan ini memproduksi aneka ekstrak herbal, lalu memasarkan produknya ke berbagai produsen jamu. Sayangnya, yang berminat pada produk PT. Javaplant hanya sedikit.Permintaan malah datang dari beberapa perusahaan multilevel marketing dan industri herbal rumahan, tetapi jumlahnya memang tidak terlalu besar. Lantaran pasar lokal dianggap belum bisa menerima produknya, PT. Javaplant pun beralih membidik pasar luar negeri.
           
B.    VISI & MISI
1.    Visi
        “Sebagai provider herbal asli indonesia berstandar internasional”.
2.    Misi
        “Membawa jamu herbal asli Indonesia ke pasar internasional”.






C.    PROFIL PT.JAVAPLANT
PT. Javaplant merupakan perusahaan produsen ekstrak terbesar di Indonesia, PT. Javaplant beralamat di Jl. Raya Solo Tawangmangu Km. 32 No33 Desa Salam, Karang Pandas Karanganyar, Surakarta 57791 Indonesia. info : javaplant.co.id
               
D.    SARANA PRASARANA
PT. Javaplant merupakan produsen ekstrak bubuk tanaman herbal terbesar di Indonesia, untuk memenuhi produk pesanan ada beberapa gedung yang memiliki fungsi spesifik sesuai tujuan produksi. Berikut keterangan gedung dan alat yang terdapat didalamnya serta fungsinya.
a.    Plant I: Merupakan tempat produksi khusus ekstrak bubuk tanaman herbal seperti curcuma, ginger, kencur, dan temu ireng, terdapat beberapa alat industri didalamnya.
b.    Plant II: merupakan tempat produksi khusus ekstrak kopi dan teh. Tujuan dari dipisahnya plant 1 dan plant 2 yaitu untuk menghindari tercampurnya bau dari produk yang dihasilkan.
c.    Ruang pilot
Pilot plant yaitu berfungsi  untuk memprodukai eksrak yang sudah melewati pengujian dan analisa di laboratorium. Pilot plant digunakan memproduksi ekstrak dalam skala kecil sebelum melakukan produksi dalam skala industri.
d.Laboratorium
Laboratorium adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah dilakukan. Laboratorium biasanya dibuat untuk memungkinkan dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut secara terkendali. Laboratorium di Javaplant digunakan untuk analisa aatau menguji bahan baku apakah layak untuk di gunakan atau hasil produksi yang sudah jadi di uji kelayakan, keamanan, khasiat maupun ke halalan produk.
       
BAB III KESIMPULAN
KESIMPULAN
Kesimpulan yang dapat diambil dari kegiatan lapangan adalah sebagai berikut:
1.    Kegiatan di B2P2TO-OT meliputi penanaman tanaman herbal, proses pemanenan, pembuatan simplisia, pembuatan ekstrak, penelitian tentang kandungan dan khasiat tentang tanaman herbal, sampai pada pengobatan dan peresepan tanaman herbal untuk aplikasi klinis.
2.    Laboratorium terpadu B2P2TO-OT berperan penting dalam pengolahan obat herbal sehingga aman digunakan masyarakat. Balai ini memiliki tujuh laboratorium, yaitu laboratorium galenika, fitokimia, proteksi hama penyakit tanaman, instrument, kultur jaringan tanaman, biomolekuler, dan mikrobiologi.
3.    Klinik saintifikasi jamu yang berada di B2P2TO-OT berbeda dengan klinik pada umumnya karena pasien pada klinik saintifikasi jamu dianggap sebagai pasien sebenarnya dan juga sebagai kriteria inklusi penelitian (observasi klinis).
4.    PT. Javaplant adalah produsen ekstrak bahan aktif alam berkhasiat dari tanaman asli Indonesia yang bermanfaat untuk kesehatan guna memenuhi kebutuhan akan bahan utama dan bahan tambahan bagi industri farmasi, kesehatan dan kosmetik, dan ekstrak botani lainnya untuk memenuhi kebutuhan industri makanan dan minuman.



               

Post a Comment

0 Comments