LAPORAN KARYA TULIS
“ KE JAKARTA DAN BOGOR “
Disusun oleh :
Nama : Riyana Ayu Oktavia
Kelas : VIII c
No Absen : 29
SMP NEGERI 2 TOROH
TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020
“ KE JAKARTA DAN BOGOR “
Disusun oleh :
Nama : Riyana Ayu Oktavia
Kelas : VIII c
No Absen : 29
SMP NEGERI 2 TOROH
TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Puja puji syukur kehadirat Allah SWT tuhan semesta alam yang telah melimpahkan segala rahmat, taufik dan hidayahNya kepada kita semua, sehingga kita masih diberikan kenikmatan berupa kesehatan, iman dan islam sehingga kami dapat menyelesaikan Karya Tulis ini.
Tidak lupa Shalawat serta salam kita haturkan kepada Rasulullah SAW, yang kita nantikan syafaatnya di dunia dan di akhirat..
Dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1. Bapak Drs. Sut Ardie, MP.d selaku Kepala SMP Negeri 2 Toroh
2. Bapak Suwardi, Spd. selaku Wali Kelas VIII C
3. Bapak Yogi P, S.Pd selaku pembimbing Karya Tulis
4. Bapak/Ibu Guru yang telah membantu dalam kelancaran karya wisata.
5. Orang Tua yang telah memberi do’a restu.
Untuk penyusunan karya tulis ini kami telah berusaha semaksimal mungkin. Tetapi, kemungkinan masih banyak kekurangan. Untuk itu kami mohon saran dan kritikan demi kesempurnaan laporan ini.
Akhirnya kami berharap semoga karya tulis ini bermanfaat bagi pembaca dan khususnya untuk siswa SMP Negeri 2 Toroh
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Grobogan Toroh, November 2019
Penyusun
MOTTO
- Pendidikan merupakan perlengkapan palin baik untuk hari tua.
- Dia yang tahu tidak bicara, dia yang bicara tidak tahu.
- Selalu jadi diri sendiri dan jangan pernah menjadi orang lain, meskipun mereka tampak lebih baik dari anda.
- Sukses tidak diukur menggunakan kekayaan, sukses adalah pencapaian yang kita inginkan
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan Karya Tulis “ Ke Jakarta dan Bogor “ ini telah disetujui dan disahkan untuk memenuhi persyaratan dalam menempuh Ujian Akhir Sekolah dan UN di SMPN 2 Toroh pada tahun pelajaran 2019 / 2020 pada :
Hari : .........................
Tanggal : ..........................
Tempat : ........................
Wali Kelas VIII C
Suwardi, Spd.
|
Guru Pembimbing
Yogi P, S.Pd,
|
Mengetahui Kepala Sekolah SMPN 2 Toroh
Drs. Sut Ardie, MP.d
|
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL i
KATA PENGANTAR ii
MOTTO iii
LEMBAR PENGESAHAN iv
DAFTAR ISI v
BAB I PENDAHULUAN
1. Latar Belakang 1
2. Tujuan 1
3. Ruang Lingkup 1
BAB II PEMBAHASAN
1. Monumen Nasional ( MONAS ) 1
2. Ancol 2
3. Dunia Fantasai ( DUFAN ) 2
4. Gelanggang Samudera Ancol ( GSA ) 2
5. Intana Presiden Bogor 3
6. Kebun Raya Bogor 3
7. Museum Zoologi Bogor 3
BAB III PENUTUP
1. Kesimpulan 4
2. Saran 4
BAB I PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Pendidikan sangat
penting bagi setiap orang karena pendidikan itu sendiri menyangkut masa depan,
serta untuk mencerdaskan anak bangsa. Semua lapisan masyarakat Indonesia juga
bertanggung jawab atas terwujudnya Pendidikan Nasional.
Sebab itulah untuk mewujudkan ada beberapa
kegiatan yang menunjang pandidikan. Salah satunya adalah dengan adanya karya
wisata. Dengan ini siswa dapat lebih berpengalaman dan lebih berpengetahuan .
2.
Tujuan
·
Agar siswa dapat meningkatkan ilmu pengetahuan yang
didapat selama ini.
·
Menambah pengalaman siswa.
3.
Ruang Lingkup
·
Informatikan
·
Observasi
BAB II PENBAHASAN
1. Monumen Nasional ( MONAS )
Monumen inti terletak di pusat kota Jakarta. Suatu sarana tempat wisata dan
definisi pusat pendidikan yang sangat menarik bagi warga Indonesia, bagi yang
berada di Jakarta maupun dari luar Jakarta. Tugu Monas memiliki tinggi 132
meter.
Menurut sejarah berdirinya Monas, bangunan Monas dirancang oleh
arsitektur asli Indonesia, Frederich Silaban dan Ir. Rooseno. Pada tanggal 17
Agustus tahun 1961 dan diresmikan oleh presiden Soekarno. Monas dibangun pada
tahun 1961 bertepatan pada saat merayakan hari kemerdekaan RI yang ke 16. Di dalam
Monas terdapat beberapa ruang, yaitu ruang kemerdekaan, ruang museum sejarah.
Ruang kemerdekaan yang terbentuk ampiteater yang terletak di dalam cawan
tugu, dan juga terdapat atribut kemerdekaan, yaitu peta kepulauan NRI. Lambang negara,
dan pintu gapura yang berisi naskah proklamasi.
2. Ancol
Taman Impian Jaya Ancol merupakan sebuah objek wisata di bumi sari natar Jakarta Utara. Sebagai komunitas pembaharuan kehidupan masyarakat yang menjadi kebanggaan bangsa.
Sejak awal berdirinya pada tahun 1966, Ancol Taman
Impian atau biasa disebut Ancol sudah ditujukan sebagai sebuah kawasan wisata
terpadu oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Untuk mewujudkan tujuan tersebut,
Pemda DKI menunjuk PT Pembangunan Jaya sebagai Badan Pelaksana Pembangunan
(BPP) Proyek Ancol yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan peningkatan
perekonomian nasional serta daya beli masyarakat
3. Dunia Fantasai ( DUFAN )
Dunia Fantasi atau yang lebih populer dengan sebutan
Dufan, pertama kali dibuka untuk umum pada 29 Agustus 1985 dan merupakan theme
park pertama yang dikembangkan oleh Perseroan dan telah memiliki sertifikat ISO
9001:2015 sejak Februari 2017.
Selain menjadi pusat hiburan outdoor, Dufan juga
merupakan kawasan edutainment fisikia terbesar di Indonesia yang memanjakan
pengunjung dengan Fantasi Keliling Dunia, melalui wahana permainan berteknologi
tinggi, yang terbagi dalam 9 (Sembilan) kawasan yaitu Indonesia, Jakarta, Asia,
Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat, Kalila dan Fantasy Lights
4.
Gelanggang Samudera Ancol ( GSA )
Gelanggang
Samudra Ancol atau Ocean Dream Samudra, salah satu objek wisata yang cukup
populer di kawasan wisata terpadu Taman Impian Jaya Ancol. Pengunjung akan
diajak untuk menikmati serunya pertunjukan satwa yang sudah terlatih. Dihibur
dengan tingkah lucu beberapa jenis satwa yang akan menghibur pengunjung dengan
berbagai atraksi menarik. Tak hanya itu, wisatawan juga dapat menikmati
pertunjukan 4 dimensi. GSA merupakan oceanatium yaitu
taman biota laut, namun untuk memenuhi kepuasan para pengunjungnya, tempat
wisata ini juga mempertunjukkan kebolehan satwa-satwa darat yang tidak kalah
menariknya.
5. Intana Presiden Bogor
Merupakan salah satu dari Istana Republik Indonesia yang mempunyai keunikan
tersendiri dikarenakan aspek historis, kebudayaan dan faunanya.
Salah satunya adalah keberadan rusa – rusa yang didatangkan langsung dari
Nepal dan tetap terjaga dari dulu sampai ekarag.
Saat ini sudah menjadi hiburan terindah bagi warga bogor dan sekitarnya,
setap hari Sabtu dan Minggu dan hari
libur lainnya. Berjalan – jalan di sekitar istana Bogor sambil memberi makan
rusa-rusa yang hidup di halaman Istana Bogor. Sekarang Istana Bogor digunakan
sebagai tempat kediaman Presiden Joko Widodo sekaligus digunakan untuk
menyambut tamu dari negara lain.
6. Kebun Raya Bogor
Kebun Raya
Bogor atau Kebun Botani Bogor adalah
sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Luasnya
mencapai 87 hektar dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Sebagai
tempat wisata, terutama hari Sabtu dan Minggu. Tiket masuknya Rp 15.000. Di
sekitar Kebun Raya Bogor tersebar pusat-pusat keilmuan yaitu Herbarium
Bogoriense,
7. Museum Zoologi Bogor
Museum Zoologi Bogor adalah museum yang terletak di Bogor, memiliki koleksi
yang berkaitan dengan dunia satwa seperti berbagai spesimen yang diawetkan
maupun fosil hewan. Museum ini terbagi
menjadi dua, salah satunya dibuka setiap hari untuk umum yang berisi ruang
pameran terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 9 Bogor, museum yang satu lagi
berfungsi sebagai tempat koleksi dan hanya dibuka untuk umum setahun sekali
pada bulan Oktober, berada di Pusat Ilmu Pengetahuan Cibinong tepatnya di Jalan
Raya Jakarta - Bogor Km.46 Cibinong, Bogor. Kedua bagian museum ini dikelola
oleh Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi-LIPI
BAB III PENUTUP
1.
Kesimpulan
Bahwa pentingnya wisata siswa yang berguna untuk mendapatkan pengertian
obyek dan pengamatan langsung dapat membuat siswa lebih memahami suatu
kenyataan yang ada bukan dari pembelajaran teoritis saja. Maka program wisata ini diselenggarakan untuk pembinaan
kesadaran berbangsa ,bernegara, dan cinta tanah air, ketrampilan,
kewiraswastaan, daya kreasi, disiplin, penghayatan terhadap budaya bangsa dan
peningkatan pengetahuan siswa sebagai upaya pembentukan manusia indonesia
berdasarkan Pancasila.
Wisata siswa adalah bentuk kegiatan belajar mengajar yang
dilakukan diluar kelas, baik secara individu maupun kelompok dengan di
siskusikan untuk pemecahan masalah, sehingga dapat dicapai tujuan yang
sempurna.
Guru pendamping bertugas membantu siswa dalam menyelesaikan
serangkaian kegiatan siswa mulai dari pencarian data sampai dengan penyusunan
Laporan.
2. Saran
Untuk mencapai ketuntasan
pencapaian tuuan wisata siswa sebaiknya :
- Siswa menggunakan sarana atau alat-alat yang bisa membantu untuk memperolah data yang detail dan rajin mencari buku referensi di perpustakaan.
- Siswa menciptakan hubungan yang harmonis antar anggota kelompok dan guru pendamping untuk mendapatkan data yang akurat.
- Siswa memperhatikan sebarankegiatan dan disiplin waktu dalam melaksanakan kegiatan
0 Comments