Contoh Karya Tulis Singkat

Contoh Karya Tulis Singkat
LAPORAN KARYA TULIS
“ KE JAKARTA DAN BOGOR “



Disusun oleh :
Nama        : Riyana Ayu Oktavia
Kelas         : VIII c
No Absen        : 29

SMP NEGERI 2 TOROH
TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Puja puji syukur kehadirat  Allah SWT tuhan semesta alam yang telah melimpahkan segala rahmat, taufik dan hidayahNya kepada kita semua, sehingga kita masih diberikan kenikmatan berupa kesehatan, iman dan islam sehingga kami dapat menyelesaikan Karya Tulis  ini.
 Tidak lupa Shalawat serta  salam  kita haturkan kepada Rasulullah SAW, yang kita nantikan syafaatnya di dunia dan di akhirat..
Dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.    Bapak Drs. Sut Ardie, MP.d  selaku Kepala SMP Negeri 2 Toroh
2.    Bapak Suwardi, Spd. selaku Wali Kelas VIII C
3.    Bapak Yogi P,  S.Pd selaku  pembimbing Karya Tulis
4.    Bapak/Ibu Guru yang telah membantu dalam kelancaran karya wisata.
5.    Orang Tua yang telah memberi do’a restu.
Untuk penyusunan karya tulis ini kami telah berusaha semaksimal mungkin. Tetapi, kemungkinan masih banyak kekurangan. Untuk itu kami mohon saran dan kritikan demi kesempurnaan laporan ini.
Akhirnya kami berharap semoga karya tulis ini bermanfaat bagi pembaca dan khususnya untuk siswa SMP Negeri 2 Toroh
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Grobogan Toroh,      November 2019
                                                                                               Penyusun



MOTTO

  • Pendidikan merupakan perlengkapan palin baik untuk hari tua.
  • Dia yang tahu tidak bicara, dia yang bicara tidak tahu.
  •  Selalu jadi diri sendiri dan jangan pernah menjadi orang lain, meskipun mereka tampak lebih baik dari anda.
  • Sukses tidak diukur menggunakan kekayaan, sukses adalah pencapaian yang kita inginkan
HALAMAN  PENGESAHAN

Laporan Karya Tulis  “ Ke Jakarta dan Bogor “  ini telah disetujui dan disahkan  untuk memenuhi persyaratan dalam menempuh Ujian Akhir Sekolah dan UN di SMPN 2 Toroh pada tahun pelajaran 2019 / 2020 pada :
Hari        : .........................
Tanggal    : ..........................
Tempat    : ........................   

 
    
Wali Kelas VIII C

Suwardi, Spd.
Guru Pembimbing

Yogi  P, S.Pd,

Mengetahui Kepala Sekolah SMPN 2  Toroh

Drs. Sut Ardie, MP.d  
 


DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL         i
KATA PENGANTAR         ii
MOTTO         iii
LEMBAR PENGESAHAN         iv
DAFTAR ISI         v
BAB I PENDAHULUAN
1.    Latar Belakang         1
2.    Tujuan        1
3.    Ruang Lingkup        1
BAB II  PEMBAHASAN
1.    Monumen Nasional ( MONAS )        1
2.    Ancol        2
3.    Dunia Fantasai ( DUFAN )        2
4.    Gelanggang Samudera Ancol ( GSA )        2
5.    Intana Presiden Bogor        3
6.    Kebun Raya Bogor        3
7.    Museum Zoologi Bogor        3
BAB III PENUTUP
1.    Kesimpulan         4
2.    Saran         4



BAB I PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Pendidikan sangat penting bagi setiap orang karena pendidikan itu sendiri menyangkut masa depan, serta untuk mencerdaskan anak bangsa. Semua lapisan masyarakat Indonesia juga bertanggung jawab atas terwujudnya Pendidikan Nasional.
     Sebab itulah untuk mewujudkan ada beberapa kegiatan yang menunjang pandidikan. Salah satunya adalah dengan adanya karya wisata. Dengan ini siswa dapat lebih berpengalaman dan lebih berpengetahuan .

2.      Tujuan     
·         Agar siswa dapat meningkatkan ilmu pengetahuan yang didapat selama ini.
·         Menambah pengalaman siswa.
3.      Ruang Lingkup
·      Informatikan
·      Observasi
BAB II  PENBAHASAN
1.      Monumen Nasional ( MONAS )                      
Monumen inti terletak di pusat kota Jakarta. Suatu sarana tempat wisata dan definisi pusat pendidikan yang sangat menarik bagi warga Indonesia, bagi yang berada di Jakarta maupun dari luar Jakarta. Tugu Monas memiliki tinggi 132 meter.
Menurut sejarah berdirinya Monas, bangunan Monas dirancang oleh arsitektur asli Indonesia, Frederich Silaban dan Ir. Rooseno. Pada tanggal 17 Agustus tahun 1961 dan diresmikan oleh presiden Soekarno. Monas dibangun pada tahun 1961 bertepatan pada saat merayakan hari kemerdekaan RI yang ke 16. Di dalam Monas terdapat beberapa ruang, yaitu ruang kemerdekaan, ruang museum sejarah.
Ruang kemerdekaan yang terbentuk ampiteater yang terletak di dalam cawan tugu, dan juga terdapat atribut kemerdekaan, yaitu peta kepulauan NRI. Lambang negara, dan pintu gapura yang berisi naskah proklamasi.

2.      Ancol                  
Taman Impian Jaya Ancol merupakan sebuah objek wisata di bumi sari natar Jakarta Utara. Sebagai komunitas pembaharuan kehidupan masyarakat yang menjadi kebanggaan bangsa.
Sejak awal berdirinya pada tahun 1966, Ancol Taman Impian atau biasa disebut Ancol sudah ditujukan sebagai sebuah kawasan wisata terpadu oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Pemda DKI menunjuk PT Pembangunan Jaya sebagai Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan peningkatan perekonomian nasional serta daya beli masyarakat
3.      Dunia Fantasai ( DUFAN )      
Dunia Fantasi atau yang lebih populer dengan sebutan Dufan, pertama kali dibuka untuk umum pada 29 Agustus 1985 dan merupakan theme park pertama yang dikembangkan oleh Perseroan dan telah memiliki sertifikat ISO 9001:2015 sejak Februari 2017.
Selain menjadi pusat hiburan outdoor, Dufan juga merupakan kawasan edutainment fisikia terbesar di Indonesia yang memanjakan pengunjung dengan Fantasi Keliling Dunia, melalui wahana permainan berteknologi tinggi, yang terbagi dalam 9 (Sembilan) kawasan yaitu Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat, Kalila dan Fantasy Lights
4.      Gelanggang Samudera Ancol ( GSA )
Gelanggang Samudra Ancol atau Ocean Dream Samudra, salah satu objek wisata yang cukup populer di kawasan wisata terpadu Taman Impian Jaya Ancol. Pengunjung akan diajak untuk menikmati serunya pertunjukan satwa yang sudah terlatih. Dihibur dengan tingkah lucu beberapa jenis satwa yang akan menghibur pengunjung dengan berbagai atraksi menarik. Tak hanya itu, wisatawan juga dapat menikmati pertunjukan 4 dimensi. GSA merupakan oceanatium yaitu taman biota laut, namun untuk memenuhi kepuasan para pengunjungnya, tempat wisata ini juga mempertunjukkan kebolehan satwa-satwa darat yang tidak kalah menariknya.  


5.      Intana Presiden Bogor  
Merupakan salah satu dari Istana Republik Indonesia yang mempunyai keunikan tersendiri dikarenakan aspek historis, kebudayaan dan faunanya.
Salah satunya adalah keberadan rusa – rusa yang didatangkan langsung dari Nepal dan tetap terjaga dari dulu sampai ekarag.
Saat ini sudah menjadi hiburan terindah bagi warga bogor dan sekitarnya, setap hari Sabtu dan Minggu dan hari  libur lainnya. Berjalan – jalan di sekitar istana Bogor sambil memberi makan rusa-rusa yang hidup di halaman Istana Bogor. Sekarang Istana Bogor digunakan sebagai tempat kediaman Presiden Joko Widodo sekaligus digunakan untuk menyambut tamu dari negara lain.    
6.      Kebun Raya Bogor       
Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor  adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Luasnya mencapai 87 hektar dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Sebagai tempat wisata, terutama hari Sabtu dan Minggu. Tiket masuknya Rp 15.000. Di sekitar Kebun Raya Bogor tersebar pusat-pusat keilmuan yaitu Herbarium Bogoriense,       
7.      Museum Zoologi Bogor
Museum Zoologi Bogor adalah museum yang terletak di Bogor, memiliki koleksi yang berkaitan dengan dunia satwa seperti berbagai spesimen yang diawetkan maupun fosil hewan.  Museum ini terbagi menjadi dua, salah satunya dibuka setiap hari untuk umum yang berisi ruang pameran terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 9 Bogor, museum yang satu lagi berfungsi sebagai tempat koleksi dan hanya dibuka untuk umum setahun sekali pada bulan Oktober, berada di Pusat Ilmu Pengetahuan Cibinong tepatnya di Jalan Raya Jakarta - Bogor Km.46 Cibinong, Bogor. Kedua bagian museum ini dikelola oleh Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi-LIPI                 
    




BAB III PENUTUP
1.      Kesimpulan        
Bahwa pentingnya wisata siswa yang berguna untuk mendapatkan pengertian obyek dan pengamatan langsung dapat membuat siswa lebih memahami suatu kenyataan yang ada bukan dari pembelajaran teoritis     saja. Maka program wisata ini diselenggarakan untuk pembinaan kesadaran berbangsa ,bernegara, dan cinta tanah air, ketrampilan, kewiraswastaan, daya kreasi, disiplin, penghayatan terhadap budaya bangsa dan peningkatan pengetahuan siswa sebagai upaya pembentukan manusia indonesia berdasarkan Pancasila.
     Wisata siswa adalah bentuk kegiatan belajar mengajar yang dilakukan diluar kelas, baik secara individu maupun kelompok dengan di siskusikan untuk pemecahan masalah, sehingga dapat dicapai tujuan yang sempurna.
     Guru pendamping bertugas membantu siswa dalam menyelesaikan serangkaian kegiatan siswa mulai dari pencarian data sampai dengan penyusunan Laporan.
2.      Saran                  
Untuk mencapai ketuntasan pencapaian tuuan wisata siswa sebaiknya :
  • Siswa menggunakan sarana atau alat-alat yang bisa membantu untuk memperolah data yang detail dan rajin mencari buku referensi di perpustakaan.
  • Siswa menciptakan hubungan yang harmonis antar anggota kelompok dan guru pendamping untuk mendapatkan data yang akurat.
  • Siswa memperhatikan sebarankegiatan dan disiplin waktu dalam melaksanakan kegiatan
    


Post a Comment

0 Comments